Rabu, 23 November 2011


Menggunakan & Belajar Turbo C++ di Windows 7/Vista

Turbo C++ merupakan kompiler yang cukup legendaris, meskipun keluaran tahun 1992, tetapi pemrograman C dan C++ yang masih banyak diajarkan di sekolah atau di perkuliahan kadang masih menggunakan compiler/program ini untuk belajar algoritma pemrograman. Tetapi ketika kita menjalankan langsung Turbo C++ di windows 7/vista biasanya tidak akan berhasil.
Ketika komputer terinfeksi virus dan antivirus yang terpasang di komputer kita tidak mampu menanganinya, salah satu solusi alternatif adalah menggunakan antivirus portable atau yang mampu scan virus langsung tanpa perlu install dan update, salah satu yang tergolong baru adalah buatan Microsoft, yaitu Microsoft Security Scanner.

Perintah “Command Prompt” yang sebaiknya diketahui



Command Prompt bagi sebagian pengguna komputer mungkin sudah tidak digunakan lagi. Bahkan mungkin sebagian pengguna komputer baru tidak pernah tahu apa itu command prompt. Meski jarang digunakan, tetapi sampai Windows 7, Command Prompt tetap disertakan, ini menandakan bahwa fitur ini masih sangat penting.

SuperKomputer tercepat Vs Ipad 2 Vs PC Core i7



SuperKomputer merupakan komputer yang mempunyai kapasitas, kecepatan perhitungan yang sangat tinggi. Menggabungkan puluhan sampai ratusan ribu processor dengan sistem dan perangkat teknologi tinggi, sehingga dihasilkan komputer super cepat. Bagaimana perbandingan SuperKomputer dengan PC saat ini atau Ipad 2.

5 Software Gratis “Wajib” untuk Notebook/Laptop



Notebook (laptop) maupun netbook menawarkan berbagai kelebihan dibanding komputer desktop, terutama karena ringan dan portable (mudah digunakan dimana saja). Tetapi diluar itu terdapat beberapa kelemahan seperti daya tahan baterai, keyboard, dan terutama touchpad yang kadang menganggu atau sensitivitas yang tidak pas.

Kidkeylock, software gratis untuk mengunci tombol Keyboard & Mouse



Ketika kita mempunyai adik atau anak yang masih kecil, biasanya mereka senang bermain dengan keyboard atau mouse komputer. Jika komputer masih aktif, ketika mereka menekan sembarang tombol di keyboard kadang bisa merepotkan, karena bisa saja menghapus data atau membuat proses yang sedang berjalan menjadi bermasalah. Hal ini bisa kita atasi dengan software gratis KidKeyLock.
Seiring dengan banyaknya antivirus baik gratis maupun berbayar, semakin banyak pula Antivirus palsu beredar. Tidak jarang komputer kita sendiri atau teman kita pernah mengalaminya atau di komputer ter-install antivirus palsu ini. Karena palsu, antivirus ini bisa berbahaya bagi komputer, termasuk menipu penggunanya.

[Promo] Gratis MacX HD Video Converter Pro for Windows 3.10.4



Salah satu vendor aplikasi multimedia, Digiarty (MacXDVD) selama sekitar 1 minggu kedepan memberikan promosi gratis salah satu software berbayarnya, MacX HD Video Converter for Windows. Aplikasi ini merupakan software untuk konversi berbagai format video populer yang banyak beredar baik untuk HD (high Definition) atau SD (Standard Definition).

Backup (simpan) Driver Komputer dengan DriverBackup!



Driver merupakan komponen komputer yang sangat penting karena kinerja komputer tidak akan maksimal tanpa driver yang cocok. Meskipun biasanya driver komputer/laptop sudah disertakan dalam CD, tetapi tidak jarang kita harus update online untuk memperbaruinya, oleh karena itu penting bagi kita untuk mem-backup (simpan) driver yang ada.

Belajar web/blog mudah dengan Instant WordPress



Belajar wordpress di komputer tanpa jaringan internet (offline atau lokal) mungkin bagi sebagian orang masih terasa sulit, karena memang biasanya harus melalui berbagai langkah (seperti di artikel saya Video Tutorial Installasi WordPress di Komputer Lokal). Tetapi dengan instant wordpress, belajar wordpress akan menjadi mudah.

Menyembunyikan Favorites dan Libraries di Windows Explore

Jika kita sebelumnya sudah terbiasa dengan Windows XP, kemudian beralih menggunakan windows 7 dan sering membuka Windows Explorer, mungkin merasakan perbedaan tampilan. Di panel kiri kita akan melihat Folder Favorites dan Libraries yang cukup menyita tampilan, sedangkan drive lainnya posisinya di bagian bawah.
Baca selengkapnya »

Pantau kondisi Hardisk dengan Acronis Drive Monitor


Hardisk merupakan salah satu komponen komputer/pc yang perlu dijaga kondisinya, apalagi jika didalamnya banyak berisi data atau dokumen penting kita yang mungkin nilainya jauh lebih besar dari nilai hardisk itu sendiri. Bagaimana kita bisa memantau kondisi (kesehatan) hardisk yang ada di komputer kita ?

Simpan gambar dan Rekam video Webcam dg Play Camera

Bagi pemilik laptop (notebook) atau netbook yang menyertakan webcam di laptopnya, kadang bingung ketika mencari software untuk menyimpan atau merekam video dari webcam disertakan. Karena biasanya CD atau DVD ddriver yang disertakan tidak menyertakan software webcam ini. Alternatifnya, kita bisa menggunakan Play Camera.

Mengubah Konfigurasi Jaringan dg NetSetMan

Jika kita sering koneksi internet di berbagai tempat yang berbeda dan dengan konfigurasi yang berbeda pula, mungkin kita sering direpotkan ketika harus mengganti-ganti alamat IP (Internet Protocol), Subnet Mask, DNS, Gateway dan lainnya. Untuk mempermudah hal ini, kita bisa menggunakan NetSetMan.

Pengalaman mengatasi Masalah Bad Sector Hardisk

Beberapa hari yang lalu saya service komputer dan laptop yang mengalami permasalahan yang hampir sama, yaitu kerusakan pada hardisk (HDD). Karena terdapat bad sector di hardisk tersebut, komputer tidak bisa masuk windows atau berhenti loading sebelum masuk windows. Berikut pengalaman, beberapa tips dan sharing yang semoga bermanfaat.

Download & Rilis Terbaru, Avira [Free] Antivirus 201

Setelah sebelumnya versi terbaru AVG Free Edition 2012 dan Avast! Free Antivirus 6.0 telah dirilis, kini Avira juga tidak ketinggalan. Melalui situs resminya, tanggal 4 Oktober 2011 kemarin, versi baru Avira Antivirus 2012 telah dirilis dan versi ini hadir dengan tampilan dan beberapa fitur baru.

Memilih Antivirus Terbaik (av-comparatives test)

Setelah sekian lama belum mengulas perbandingan antivirus, kini saya akan mengulas hasil test berbagai antivirus terbaru yang dilakukan oleh lembaga pengetest antivirus, av-comparatives. Di test kali ini disertakan juga beberapa antivirus gratis, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam memilih mana yang terbaik.

Memperbaiki kerusakan Windows dengan Windows Repair

Ketika Windows XP, 2003, Vista, 2008 atau 7 mengalami masalah, kadang tidak mudah untuk mengatasinya. Baik permasalahan ini timbul akibat virus (malware), konflik aplikasi atau sebab lainnya. Tetapi, ada aplikasi kecil, gratis dan portable yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu Windows Repair (All ini One).

Firefox 7 dg Penggunaan Memory (RAM) yang lebih baik

Salah satu komplain atau kelemahan web browser Firefox yang banyak dirasakan penggunanya adalah Penggunaan Memory (RAM) yang besar. Kini baru saja Firefox 7 dirilis dengan perbaikan masalah tersebut, dengan teknik yang baru, Mozilla menyatakan bahwa kini penggunaan memory berkurang antara 20-50 %, selain itu terdapat beberapa perbaikan lainnya.

Optimasi Windows dengan Simple Performance Boost

Bicara tentang optimasi Windows, kita mungkin tidak akan asing dengan istilah “Tweak” atau “Tweaking”, istilah untuk mengaktifkan atau mematikan fitur tersembunyi. Sebelumnya saya pernah mengulas berbagai software tweak untuk windows seperti Mz Ultimate ToolsX-Setup ProRegToy, TweakNow juga Ultimate Windows Tweaker.

[Promo] Aimersoft DVD Creator, software pembuat Video DVD

Dalam waktu sekitar 3 hari kedepan (sejak artikel ini ditulis), kita berkesempatan mendapatkan salah satu software berbayar untuk membuat video DVD seharga $39.95, Aimersoft DVD Creator. Dibandingkan dengan beberapa software gratis pembuat video DVD yang pernah saya ulas sebelumnya (DVD FlickWinX DVD Author ), sebagai software berbayar software ini tentu mempunyai beberapa kelebihan.

Tips Menyimpan video dari web browser dengan VideoCacheView

Untuk menyimpan video yang tampil dan dijalankan di web browser banyak cara yang bisa kita gunakan. Dulu saya pernah mengulas video tutorial cara menyimpan video dari youtube secara manual. Mirip dengan cara yang pernah saya ulas, sebagai alternatif lainnya, kita bisa menggunakan software kecil dari NirsoftVideoCacheView.

Editor Foto/Gambar Gratis dan Ringan, PixBuilder Studio

Sebagian kita ketika mengedit gambar atau foto, baik mengubah ukuran, memberi watermark, menambahkan blur, menyimpan format lainnya mungkin biasa menggunakan Photoshop. Tetapi ketika memerlukan software foto editing yang ringan dan cepat, ada alternatif lain & gratis yang bisa kita gunakan, yaitu PixBuilder.

Perhatikan ketika install, CNET download.com Installer

Salah satu situs download terbesar, CNET Download.com sudah beberapa minggu ini menggunakan metode download softwarenya dengan CNET Download Installer di banyak software yang tersedia. Untuk mengunduh aplikasi atau program, kita akan diberi aplikasi kecil yang harus dijalankan terlebih dahulu, baru program ini akan men-download aplikasi sebenarnya.

Hiasi Layar dengan Really Slick Screensavers (Gratis)

Bosan dengan tampilan screensaver itu-itu saja di komputer kita? Jika kita ingin tampilan screensaver lebih segar dan efek yang menarik, cobalah Really Slick Screensaver. Screensaver ini bisa kita download gratis (bahkan opensource), yang tersedia untuk berbagai platform seperti : Windows, Linux, Android, Mac OS X dan Solaris.
Tidak dipungkiri bahwa Microsoft Office mungkin merupakan aplikasi office yang paling lengkap, sebanding dengan harganya. Alternatif office gratis sebagian kita mungkin menggunakan OpenOffice atauLibreOffice. Tetapi, kini bertambah satu lagi software office berbayar menjadi freeware (gratis), yaitu Kingsoft Office Suite Free 2012.
Baca selengkapnya »

Ukur kecepatan (waktu) booting Windows dengan BootRacer

Apakah anda tahu berapa lama waktu yang diperlukan windows untukbooting? Bagi yang ingin tahu, kini dengan software kecil, BootRacer, kita bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan windows sampai komputer tersebut siap pakai. Dengan mengetahui kecepatanbooting, akan sangat membantu untuk mengoptimasi agar booting lebih cepat.
Baca selengkapnya »

Download versi terbaru, AVG Antivirus 2012 Free Edition

AVG Antivirus merupakan salah satu penyedia antivirus yang cukup populer, terutama karena menyediakan antivirus versi gratis dan merupakan salah satu antivirus yang paling banyak di download (di cnet.com), AVG Antivirus Free 2012. Di versi baru ini AVG meyertakan berbagai perbaikan serta peningkatan performa dibanding versi sebelumnya.

Promo: WinX DVD Ripper Platinum & BDLot Video Converter

Meskipun kini sudah banyak software gratis dvd ripper & video converter, tetapi ketika ada promo software berbayar selalu menarik dan patut kita coba dan bandingkan. Kini untuk waktu terbatas, ada promo software video Ripper dan converter berbayar versi terbaru, yaitu WinX DVD Ripper Platinum 6.3.5 dan BDlot Video Converter 2.2.

Koleksi Kartu ucapan Selamat Idul Fitri (Lebaran) 1432 H


Idul Fitri insyaAllah sebentar lagi tiba, setelah hampir satu bulan kita berpuasa, berbagai amalan ibadah yang kita lakukan, kita hanya bisa berharap semoga semua amalan kita diterima Allah Azza wa jalla. Berikut koleksi kartu ucapan lebaran (selamat idul fitri), silahkan disebarkan atau dikirim ke teman atau saudara.

Mudah Membuat ebook (PDF) dari artikel-artikel Wikipedia

Wikipedia merupakan salah satu perpustakaan online terbesar di dunia saat ini, sudah ada lebih dari 3.7 juta artikel bahasa Inggris, 171 ribu artikel bahasa indonesia dan jutaan artikel bahasa lainnya. Mungkin sebagian kita belum tahu bahwa kita bisa membuat ebook (PDF) dari satu atau banyak artikel sekaligus tanpa menggunakan software tambahan.

Koleksi Wallpaper dan Kartu Ucapan Bulan Ramadhani

Sebelumnya saya pernah menampilkan koleksi wallpaper alam sertaindahnya benih tumbuhan. Kini untuk melengkapi koleksi wallpaper kita, terutama untuk umat muslim di bulan Ramadhan ini, berikut koleksi berbagai wallpaper Ramadhan (Ramadhan Mubarak) dan juga Kartu ucapan Ramadhan yang banyak beredar di Internet.

Konversi dokumen Gratis, Wondershare PDF to Word Converter Free

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mereview (mengulas) salah satu promo software terbaik untuk konversi dokumen word menjadi PDF,AnyBizSoft PDF to Word converter. Kini setelah AnyBizSoft di akuisisi (beli) oleh Wondershare, software ini di rilis sebagai Freeware (gratis) dengan nama Wondershare PDF to Word Converter Free.

Promo [48 jam]: Easeus Data Recovery Wizard 5.51

Sebelumnya saya baru saja menulis tentang promo salah satu software dari Easeus (Partition Master Professional). Kini bekerjasama dengan dottech, mereka kembali memberikan promo gratis salah satu software berbayarnya yang sangat bermanfaat, Easeus Data Recovery Wizard 5.51 ( versi terbaru). Promo ini hanya berlaku selama 48 jam.

Koleksi 50 Wallpaper alam (Nature wallpaper pack 1)

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang 75 HD Wallpaper Alam, tentang keindahan pertumbuhan tanaman. Kini saya menampilkan lagi keindahan alam dalam 50 High Definition (HD) Wallpaper alam. Sebagian besar wallpaper ini berukuran 1920 x 1200 pixel sehingga cocok untuk digunakan sebagai wallpaper layar lebar (Widescreen), semisal LCD atau Laptop.

Promo [48 jam] : EaseUS Partition Master Professional 9.0 dan Zemana Anti Logger

Sebelumnya saya baru saja menulis tentang salah satu software partisi gratis terbaik, Easeus Partition Master Home Edition. Kini untuk waktu terbatas ( sekitar 48 jam) kita berkesempatan mendapatkan EaseUS Partition Master Professional Edition 9.0.0 secara gratis dan ada juga promosi software security Zemana Anti Logger.

Fitur Baru Free Easeus Partition Master 9.0 Home Edition

Kini untuk mengatur pembagian hardisk sudah bukan hal yang sulit lagi. Belum lama ini telah dirilis versi baru salah satu produk gratis terbaik dalam bidang ini, EaseUS Partition Master 9.0 Home Edition. Dengan software gratis ini, kita bisa melakukan berbagai hal berkaitan dengan manajemen hardisk dengan mudah.

Promo, Lisensi Gratis USB Safely Remove 4.7

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah mengulas tentang promosi salah satu software bermanfaat untuk mengatur masalah perangkat USB yang terkoneksi ke Komputer/PC. Kini untuk waktu terbatas, kita bisa mendapatkan kembali versi terbaru software ini, yaitu USB Safely Remove 4.7.

Promo Software, Gratis Wondershare LiveBoot 2012

Wondershare, salah satu pengembang aplikasi populer, untuk waktu terbatas memberikan promosi (giveaway) salah satu produknya,Wondershare LiveBoot 2012 (senilai $59.95). Dengan software ini kita bisa membuat bootable CD atau bootable USB yang menyertakan lebih dari 40 fungsi (utility) untuk mengatasi berbagai permasalahan komputer.
Baca selengkapnya »

Gratis 30+ software AutoDesk (AutoCAD) untuk Mahasiswa/Pengajar

Autodesk merupakan salah satu pengembang software yang sangat populer di dunia pendidikan. Melalui Autodesk Education Community, mereka menyediakan lebih dari 30 software-nya gratis untuk mahasiswa, pengajar atau tenaga di kampus / universitas, termasuk beberapa program populer seperti Autodesk® 3ds Max®, Autodesk® Maya®, AutoCAD® dan lainnya.
Baca selengkapnya »

Membasmi virus membandel dengan software gratis CaSIR

Sebagian kita mungkin sering atau pernah mengalami betapa repot dan tidak mudahnya membasmi virus, beberapa virus mungkin bisa dibasmi dengan antivirus yang biasa digunakan. Tetapi tidak jarang ada virus (malware) yang cukup ampuh dan tidak mudah dibasmi dengan cara biasa. Ada software kecil yang bisa kita coba, namanya CaSIR.

Konversi Video gratis dengan Freemake Video Converter

Saat ini tersedia banyak pilihan software gratis untuk konversi berbagai format video (Video Converter). Salah satu software gratis yang cukup menarik adalah Freemake Video Converter. Software gratis ini tampil dengan antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan penggunaan, mendukung banyak input dan output, serta dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular posts